Melbourne ialah ibukota dari negara sisi Victoria, Australia. Tempatnya di sepanjang Teluk Port Phillip pada bagian tenggara Victoria. Beberapa warganya ada di sisi timur dan selatan sungai Yarra. Sungai ini mengucur di tengah kota sampai ke Teluk Port Phillip dan membagikan Melbourne jadi dua daerah besar.

Agen bola terpercaya Melbourne berdiri di tahun 1837, sekitaran 35 tahun sesudah pelacak Inggris sukses capai Teluk Port Phillip untuk pertamanya kali. Berdirinya Melbourne dimulai berdirinya sebuah permukiman tetap di tahun 1935 disekitaran Teluk Port Phillip oleh satu kelompok pebisnis yang dari Tasmania.

Kota ini selanjutnya berkembang dengan perlahan-lahan, sampai diketemukan tambang emas di tahun 1951 yang membuat populasi warga bertambah tajam. Pada tahun yang serupa, Melbourne jadi ibukota Victoria, sebelumnya setelah di tahun 1847 Ratu Victoria dari Inggris Raya mengumumkan berdirinya pemerintah sendiri untuk Melbourne.

Situs agen bola Melbourne sebagai salah satunya kota kekinian paling muda di dunia, dan sekarang jadi kota paling besar ke-2  di Australia sesudah Sydney. Melbourne adalah pusat industri dan komersilisasi usaha terpenting. Banyak beberapa perusahaan pertambangan, manufacturing, dan jasa keuangan yang mempunyai kantor pusat di sini. Beragam industri yang berkembang di Melbourne salah satunya ialah industri mobil, pesawat, mesin pertanian, perlengkapan listrik dan makanan buatan.

Dermaga Melbourne adalah yang tersibuk di Australia. Melbourne sebagai pusat perkeretaapian. Bandaranya yang berada di Tullamarine, sekitaran 23 km barat laut dari pusat perkotaan layani maskapal penerbangan lokal atau internasional.

Melbourne populer dengan jalannya yang luas, dan banyak memiliki taman. Kings Domain adalah taman kota paling besar di Melbourne, dengan luas capai 241 hektar. Disamping itu, Royal Botanic Gardens dan Queen Victoria Gardens sebagai taman yang paling luas di Melbourne. Suhunya yang serupa dengan California selatan ini tawarkan pantai yang cantik, yang tiap tahunnya selalu dipenuhi oleh beberapa pelancong.

Berdasar data yang didapat dari Australian Bureau of Statistics, di tahun 2011 populasi di Melbourne capai angka 4 juta warga. Angka ini bertambah 10% semenjak tahun 2006. Argumen yang mengakibatkan tingginya populasi di Melbourne ialah jumlah imigran yang semakin meningkat. Terdaftar 880 ribu imigran tumbuh di antara tahun 2006 sampai 2011.

Untuk menangani jumlah warga yang semakin meningkat, pemerintahan di tempat membuat beberapa program yang berkesinambungan (sustainability). Beberapa program itu mempunyai tujuan untuk memperhitungkan persoalan yang ada karena kenaikan warga yang lebih tinggi dan tingkatkan perhatian pada lingkungan, salah satunya ialah penghematan energi, management sampah, rimba kota, usaha hijau, dan penghematan air, yang semua tercakup dalam ide ecocity. Peningkatan ecocity sebagai sisi dari program besar yang sudah dilakukan oleh pemerintahan Australia. Melbourne sendiri terus berusaha menjadi kota bebas emisi di tahun 2020.

Menurut Economist Intelligence Unit, di tahun 2011 Melbourne sukses jadi kota yang paling pantas ditempati di dunia. Predikat itu diberikan ke beberapa kota di dunia yang dipandang nyaman untuk tempat tinggal. Salah satunya sisi yang diukur dalam tentukan kota paling layak tinggal ialah infrastruktur. Melbourne ialah kota yang mempunyai mekanisme pemrosesan air yang baik sekali. Tersedianya air jadi rumor yang penting, karena mempunyai hubungan yang kuat dengan kelangsungan hidup warga, terutama Melbourne. Tersedianya air juga sebagai keunikan ecocity ala-ala Kota Melbourne.

Melbourne sebetulnya mempunyai sumber air yang berlimpah, tapi bila tidak diproses baik tentu saja akan memunculkan permasalahan. Ditambah ada kenaikan keperluan air yang bersamaan dengan bertambahnya jumlah warga lokal atau imigran. Maka dari itu, pemerintahan di tempat membuat sebuah project Water Sensitive Urban Desain (WSUD) yang mempunyai tujuan untuk meminimalisir imbas lingkungan yang disebabkan karena arus urbanisasi. Satu diantaranya dengan jaga sumber air bersih supaya tidak tercemar.

 

By info

error: Content is protected !!